WELCOME (silahkan keset-keset dlu sebelum masuk)

Web Log Interaktif dengan banyak sekali artikel menarik yang ditemui di kehidupanku sehari hari

Sabtu, 13 Oktober 2012

Perilaku Konsumen 1 (revisi)


Segmentasi Pasar


Latar Belakang Masalah :

            Keberagaman barang dan jasa yang ditawarkan dalam pasar menyebabkan barang dan jasa yang dipasarkan kurang dapat menjangkau para konsumen.



Tujuan Segmentasi Pasar :
           
            Membuat suatu pengelompokan (segmentasi) pasar agar produk yang dijual dapat tepat sasaran (efektif) menjangkau konsumen yang memerlukannya.



Bagian I : Definisi

Segmentasi pasar dalam hubungannya dalam dunia Ekonomi sangat berkaitan dalam bidang pemasaran atau marketing. Arti pasar secara umum adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam suatu transaksi baik secara langsung maupun termediasi.
Segmentasi berasal dari kata “segmen” yang berarti kelompok atau bagian – bagian.
Jadi, Segmentasi Pasar adalah suatu bentuk pengelompokan pasar berdasarkan kriteria-kriteria  tertentu (measurability, accessibility, profitability). Arti lain segmentasi pasar adalah peng-homogen-nan suatu pasar yang bersifat heterogen agar transaksi yang sejenis dapat mengumpul dan tidak bercampur.
Contoh segmentasi pasar;
Pasar tradisional menjual aneka kebutuhan tradisional seperti bumbu, sayur, buah, dan aneka komoditi tradisional lainnya oleh sebab itu di dalam pasar tradisional terdapat pengelompokan-pengelompokan kecil seperti tempat bekumpul para penjual daging (pasar daging), penjual sayur dan buah (pasar sayur dan buah), dsb.
Jadi, dari gambaran diatas bisa disimpulkan bahwa segmentasi pasar adalah bentuk spesialisasi suatu transaksi berdasarkan barang kebutuhan yang diperjual-belikan.




Bagian II : Manfaat adanya segmentasi pasar

Menurut sumber www.jurnal-sdm.blogspot.com , dapat diambil 6 kesimpulan mengenai manfaat dari adanya suatu segmentasi pasar:

1.)    Mendeteksi secara dini perubahan mengenai kecenderungan atau selera dalam pasar yang senantiasa berubah.
2.)    Dapat merancang produk yang sesuai dengan permintaan pasar.
3.)    Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang efektif.
4.)    Dana promosi dapat diarahkan dengan tepat sesuai dengan media untuk segment dengan potensi profitabilitas yang tertinggi.
5.)    Untuk mengetahui sifat-sifat dari beragam segmen untuk membedakan tiap potensinya.
6.)    Sebagai indikator untuk mengukur periode-periode promosi terhadap reaksi pasar yang nantinya reaksi paling besarlah yang menjadi target utamanya.




Bagian III : Pemanfaatan Segmentasi Pasar untuk Produsen

Banyak ragam kebutuhan yang diperjualbelikan menyebabkan para produsen memikirkan sasaran atau target penjualan yang optimal, oleh sebab itu pendistribusian barang produksi di fokuskan pada pasar tersendiri agar konsumen juga dapat menjangkau kebutuhannya sesuai tujuannya.
Dari penjelasan diatas, maka alasan para produsen melakukan segmentasi dalam memasarkan hasil produksinya tidak lain agar memusatkan penjualan pada target pasar yang sesuai. Inti jawaban dari kasus ini adalah suatu segmentasi pasar bagi produsen merupakan indikator untuk  pemusatan keuntungan yang optimal.


Bagian IV: Kata Penutup

Demikian tugas softskill tingkat 3 perkuliahan saya mengenai segmentasi pasar sebagai tugas perilaku konsumen 1 yang dibimbing oleh Pak Mujiyana.
Adapun dalam mengerjakan tugas yang saya rasa jauh dari sempurna ini, dan telah banyak mengalami perubahan dalam proses revisi agar layak dan bermanfaat untuk masyarakat.





Daftar Pustaka :



















Bernard Suryadi Halim/11210392/3EA06/Fakultas Ekonomi/S1 Menejemen/Universitas Gunadarma Depok




Diselesaikan:
Bogor, 11 Oktober 2012




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar