Latar Belakang Masalah :
Keberagaman
barang dan jasa yang ditawarkan dalam pasar menyebabkan barang dan jasa yang
dipasarkan kurang dapat menjangkau para konsumen.
Tujuan Segmentasi Pasar :
Membuat
suatu pengelompokan (segmentasi) pasar agar produk yang dijual dapat tepat
sasaran (efektif) menjangkau konsumen yang memerlukannya.
Bagian I : Definisi
Segmentasi
pasar dalam hubungannya dalam dunia Ekonomi sangat berkaitan dalam bidang
pemasaran atau marketing. Arti pasar secara umum adalah tempat bertemunya
penjual dan pembeli dalam suatu transaksi baik secara langsung maupun
termediasi.
Segmentasi berasal dari kata
“segmen” yang berarti kelompok atau bagian – bagian.
Jadi, Segmentasi Pasar adalah
suatu bentuk pengelompokan pasar berdasarkan kriteria-kriteria tertentu (measurability, accessibility,
profitability). Arti lain segmentasi pasar adalah peng-homogen-nan suatu pasar
yang bersifat heterogen agar transaksi yang sejenis dapat mengumpul dan tidak
bercampur.
Contoh segmentasi pasar;
Pasar tradisional menjual aneka
kebutuhan tradisional seperti bumbu, sayur, buah, dan aneka komoditi
tradisional lainnya oleh sebab itu di dalam pasar tradisional terdapat
pengelompokan-pengelompokan kecil seperti tempat bekumpul para penjual daging
(pasar daging), penjual sayur dan buah (pasar sayur dan buah), dsb.
Jadi, dari gambaran diatas bisa
disimpulkan bahwa segmentasi pasar adalah bentuk spesialisasi suatu transaksi
berdasarkan barang kebutuhan yang diperjual-belikan.
Bagian II : Manfaat adanya segmentasi pasar
Menurut sumber www.jurnal-sdm.blogspot.com ,
dapat diambil 6 kesimpulan mengenai manfaat dari adanya suatu segmentasi pasar:
1.) Mendeteksi
secara dini perubahan mengenai kecenderungan atau selera dalam pasar yang
senantiasa berubah.
2.) Dapat
merancang produk yang sesuai dengan permintaan pasar.
3.) Dapat
menentukan kampanye dan periklanan yang efektif.
4.) Dana
promosi dapat diarahkan dengan tepat sesuai dengan media untuk segment dengan
potensi profitabilitas yang tertinggi.
5.) Untuk
mengetahui sifat-sifat dari beragam segmen untuk membedakan tiap potensinya.
6.) Sebagai
indikator untuk mengukur periode-periode promosi terhadap reaksi pasar yang
nantinya reaksi paling besarlah yang menjadi target utamanya.
Bagian III : Pemanfaatan Segmentasi Pasar untuk Produsen
Banyak ragam
kebutuhan yang diperjualbelikan menyebabkan para produsen memikirkan sasaran
atau target penjualan yang optimal, oleh sebab itu pendistribusian barang
produksi di fokuskan pada pasar tersendiri agar konsumen juga dapat menjangkau
kebutuhannya sesuai tujuannya.
Dari penjelasan diatas, maka
alasan para produsen melakukan segmentasi dalam memasarkan hasil produksinya
tidak lain agar memusatkan penjualan pada target pasar yang sesuai. Inti jawaban
dari kasus ini adalah suatu segmentasi pasar bagi produsen merupakan indikator
untuk pemusatan keuntungan yang optimal.
Bagian IV: Kata Penutup
Demikian tugas softskill tingkat
3 perkuliahan saya mengenai segmentasi pasar sebagai tugas perilaku konsumen 1
yang dibimbing oleh Pak Mujiyana.
Adapun dalam mengerjakan tugas
yang saya rasa jauh dari sempurna ini, dan telah banyak mengalami perubahan
dalam proses revisi agar layak dan bermanfaat untuk masyarakat.
Daftar Pustaka :
Bernard Suryadi Halim/11210392/3EA06/Fakultas Ekonomi/S1
Menejemen/Universitas Gunadarma Depok
Diselesaikan:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan beri komentar